.=CAMPURASRI BERKIBAR, melayani dengan CERDAS=.

Artikel

Monitoring dan Evaluasi di Penghujung Tahun, Desa Diharapkan Tertib Administrasi dan Pelaporan Cepat

26 Desember 2022 17:44:40  Redaksi Berita  300 Kali Dibaca  Berita Desa

CAMPURASRI.DESA.ID - Sehubungan dengan akan berakhirnya pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022, Tim Kecamatan Karangjati melaksanakan monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2022 kepada 17 desa se-Kecamatan Karangjati. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan mulai Senin (19/12/2022) hingga Kamis (29/12/2022) dengan jadwal sehari 2 desa.

Pada hari pertama jam pertama, monitoring dan evaluasi dilaksanakan di Desa Campurasri mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB. Pada saat monitoring, semua perangkat desa, anggota BPD, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), anggota BUMDes serta tenaga tehnis wajib hadir.

Sebelum monitoring di lapangan, Tim Kecamatan yang terdiri dari Sekretaris Camat Karangjati, Kasi Pemerintahan, Kasi PMD beserta staf serta Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD), mengevaluasi kelengkapan administrasi desa mulai dari Laporan Pertanggungjawaban ADD tahap III dan IV, LPJ DD Tahap II dan III, LPJ BK Sarana Prasarana Perdesaan  dan LPJ Modal BUMDes serta buku administrasi Umum, Kependudukan, Keuangan, buku Pembangunan Desa berikut dokumen perencanaan desa.

Untuk kelengkapan administrasi, buku-buku di Desa Campurasri sudah lengkap. Supriyanto, A.Md selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Karangjati memberikan apresiasi dan terimakasih atas respon cepat Pemdes Campurasri dalam mengajukan persyaratan dan kelengkapan BK. Pada saat monitoring berlangsung, BK Insentif RT/RW belum cair di rekening kas desa, diharapkan desa untuk terus memantau perkembangannya. Supriyanto juga mengharapkan kepada BPD untuk lebih tertib administrasi, apabila ada dokumen/ produk hukum yang baru berhak meminta kepada desa

Sementara pada evaluasi kedua disampaikan oleh Edy Kusmartono selaku Pendamping Desa Kecamatan Karangjati mengenai pelaporan keuangan BUMDes ARTA ASRI Desa Campurasri yang sangat bagus dan lengkap. Edy memohon agar kiranya dapat mempertahankan disiplin anggaran, dan sebisa mungkin mengembangkan potensi usaha.

Selanjutnya, setelah selesai monitoring lapangan, M. Ibnu selaku pendamping kecamatan yang memeriksa proyek di lapangan menyebutkan bahwa secara keseluruhan semua proyek di Campurasri dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan DPA. Sedikit evaluasi pada kegiatan pavingisasi dari BK Sarpras ada bagian pinggir yang kurang rapat dalam pemadatan urugan tanah. Untuk kegiatan rigit sangat bagus tetapi cutting delatasi kurang kentara jelas.

Pada evaluasi berikutnya, Joko Pitoyo, ST.MSi selaku Kasi PMD menyampaikan terimakasih penyerapan Dana Desa sudah hampir semua tinggal anggaran bidang V dan Desa Siaga yang dimungkinkan akan menjadi SILPA tahun ini. Catatan dari Joko Pitoyo, pada LPJ Bantuan Tak Terduga (BTT), SK BTT masih kurang tanda tangan kepala desa dan lampiran RAB. Joko Pitoyo juga mengarahkan agar Tim Pelaksana Kegiatan harus bekerja dengan koordinasi yang baik dengan Ketua TPK dan PKA, serta melaporkan kegiatan apabila telah selesai. 

Pada akhir monev, Teguh Suprayitna, ST. MT menambahkan bahwa nantinya akan ada Perbup yang mengatur jam kerja perangkat desa di Tahun 2023. Teguh Suprayitna mengharapkan koordinasi yang baik antar perangkat desa ditingkatkan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas semua pembinaan dari kecamatan Karangjati. Berhubung monev di Campurasri dilaksanakan hari pertama dan tengah bulan, maka Kami akan siap menindaklanjuti kekurangan baik pelaporan maupun administrasi sampai akhir tahun anggaran selesai," tegas Sutrisno di akhir acara.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

28 November 2022 | 4.594 Kali
SIAKBA dan Peluang Menjadi PPK PEMILU 2024
29 Juli 2013 | 2.620 Kali
Kontak Kami
05 Agustus 2022 | 393 Kali
Sejarah Desa
01 Februari 2023 | 385 Kali
APRESIASI PUSKESMAS KARANGJATI KEPADA KADER PENGABDIAN TERLAMA
29 Juli 2013 | 384 Kali
Profil Desa
07 Februari 2023 | 379 Kali
SPPT PBB-P2 2023 Sudah Dibagikan, Kewajiban Pajak Wajib Dilaksanakan
05 Agustus 2022 | 329 Kali
Pemerintah Desa

 Aparatur Desa

Back Next