.=CAMPURASRI BERKIBAR, melayani dengan CERDAS=.

Artikel

MIWON EMPAL DAGING, RAKETANG GAK PENTING : Wajib Diberikan Balita Stunting dan Bumil KEK

03 Desember 2022 19:41:40  Redaksi Berita  219 Kali Dibaca  Berita Desa

CAMPURASRI.DESA.ID - Berbagai macam cara dilaksanakan Pemerintah, Dinas Kesehatan dengan merangkul kegiatan desa untuk mencegah/ melakukan penurunan stunting dengan berbagai program konvergensi penurunan stunting. 

"Selain melalui giat rutin yaitu posyandu balita, kelas bumil, posyandu remaja dengan pemberian tablet darah, PMT bumil resti, serta Posgizi, terlaksanalah Pemberian PMT Pangan Lokal dengan inovasi EMPAL DAGING mulai Oktober kemarin," terang Enggar,A.Md.Keb bidan desa Campurasri.

Inovasi Desa EMPAL DAGING tersebut direalisasikan melalui program baru yang saat ini sudah berjalan 60 hari yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) 90 HMA, tambah Enggar.

Pada proses penyaluran PMT/makanan tambahan dengan menu bahan-bahan lokal di desa ini kesemuanya dipantau, mulai dari bahan, menunya, proses memasak hingga laporan evaluasi tumbuh kembang balita.

"Sementara, pada tahap menyiapkan menu makanan, kader pendamping "pemberian PMT Berbasis Pangan Lokal", kader menyiapkan semua bahan menyesuaikan menu hari itu yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk memantau hal itu, terlaksanalah inovasi "MIWON" (Mirsani Pawon) berlanjut dengan inovasi "Raketang Gak Penting" (Ragam Paket Dan Rantang Gizi Anak dan bumil Kecukupan untuk Pencegahan Stunting)," ungkap Ny. Lilik Nuraini, selaku pelindung kegiatan PMT Lokal Desa sekaligus Ketua TP- PKK Desa Campurasri, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi di Aula Gedung Posyandu Desa Campurasri usai memantau giat PMT Lokal.

MIWON (Mirsani Pawon) merupakan inovasi dalam rangka memantau proses memasak PMT dari bahan lokal sesuai menu dan nilai pagu/ besaran anggaran yang telah ditetapkan Dinas Kesehatan, yaitu untuk dana PMT Balita senilai 13.200 rupiah dan ibu hamil KEK senilai 15.200 rupiah. Mirsani dalam bahasa Jawa berarti Menengok/ melihat (baca memantau), Sedangkan Pawon berarti dapur sebagai tempat memasak PMT, jelas Lilik Nuraini secara rinci.

Sementara proses memasak PMT lokal sendiri ada di 3 pos yaitu Pos 1 di pawon Bu Sriasih Dusun Campurasri 1, pawon Lek Marti Dusun Campurasri 2 dan pawon Mbak Lasmi Dungwaluh, tambahnya.

Sementara itu, menurut Isnaini Husnul Khatimah selaku kader KPM yang juga bertugas mendampingi giat konvergensi stunting di Desa Campurasri menyebutkan bahwa dalam pemberian/ penyaluran PMT lokal dilaksanakan door to door oleh kader selama 90 hari.

"Dalam pemberian PMT kami melakukannya dengan jeli dan memperhatikan lingkungan, dalam arti memperhatikan wadah/ tempat yang digunakan untuk memberikan sebisanya tidak menimbulkan sampah baru misal plastik atau kardus," harap Isnaini yang juga merupakan Direktur Bank Sampah PAWUAN ASRI Desa Campurasri.

"Dengan harapan perhatian dengan lingkungan inilah, maka terciptalah inovasi desa RAKETANG GAK PENTING (dalam bahasa Jawa berarti meskipun tidak penting) yaitu Ragam Paket Dan Rantang Gizi Anak ibu hamil Kecukupan untuk Pencegahan Stunting. Berdasarkan ide bidan desa, akhirnya PMT sehari diberikan dengan Paket / box ramah lingkungan dan hari berikutnya memakai rantang susun," imbuh penjelasan inovasi dari Warsini, S.Pd.I yang juga menjadi pembina Bank Sampah PAWUAN ASRI.

Akhirnya seperti harapan Kepala Desa Campurasri Sutrisno serta Qomari Ali Mustofa selaku Ketua Forum Desa Sehat, melalui inovasi desa MIWON RAKETANG GAK PENTING, terlaksanalah pemberian PMT Pangan Lokal sesuai menu yang direncanakan dan anggaran yang telah disediakan. Hal positif lainnya yang tercapai yaitu terpeliharanya juga lingkungan dari sampah karena wadah PMTnya ramah lingkungan, bisa berlanjut bermanfaat untuk giat ke depannya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

28 November 2022 | 4.874 Kali
SIAKBA dan Peluang Menjadi PPK PEMILU 2024
29 Juli 2013 | 2.749 Kali
Kontak Kami
07 Februari 2023 | 612 Kali
SPPT PBB-P2 2023 Sudah Dibagikan, Kewajiban Pajak Wajib Dilaksanakan
29 Juli 2013 | 585 Kali
Profil Desa
01 Februari 2023 | 506 Kali
APRESIASI PUSKESMAS KARANGJATI KEPADA KADER PENGABDIAN TERLAMA
05 Agustus 2022 | 501 Kali
Sejarah Desa
07 November 2014 | 478 Kali
Pemerintahan Desa

 Aparatur Desa

Back Next

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : JALAN AHMAD YANI 01, DESA CAMPURASRI, KECAMATAN KARANG JATI, KABUPATEN NGAWI
Desa : Campurasri
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : campurasri.karangjati@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:55
    Kemarin:87
    Total Pengunjung:84.540
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.22.250.25
    Browser:Mozilla 5.0